TUGAS SETIAP KOMISI

POKOK POKOK KEGIATAN KOMISI


KOMISI I
Evaluator I

1. Menyusun kegiatan untuk dijadikan program kerja OSIS dalam sidang pleno GBPK (Garis Besar Program Kerja);

2. Mengawasi pelaksanaan program kerja Sekbid I sampai Sekbid IV OSIS yang meliputi:

a.   Pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa;

b.  Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia dan lingkungan hidup;

c.   Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan dan bela negara;

d.  Pembinaan prestasi akademik, seni, dan olahraga.

3.  Mengadakan evaluasi triwulan sebagai upaya mengawasi pelaksanaan program kerja Sekbid I sampai Sekbid IV OSIS.

4.  Ikut terjun langsung dalam pelaksanaan program kerja Sekbid I sampai Sekbid IV OSIS.

5.  Megajukan usul dan menilai calon kandidat Ketua OSIS di periode selanjutnya melalui sidang pemilihan ketua OSIS.

6.  Menilai laporan pertanggung jawaban OSIS selama satu periode bersama pihak yang berkompeten.


Evaluator II

1.  Menyusun kegiatan untuk dijadikan program kerja OSIS dalam sidang pleno GBPK (Garis Besar Program Kerja);

2.  Mengawasi pelaksanaan program kerja SekbidVsampaiSekbid VIII OSIS yang meliputi:

a.   Pembinaan demokrasi, HAM, Pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial;

b.  Pembinaan kreatifitas,ketrampilan, dan kewirausahaan;

c.   Pembinaan kualitasjasmani, kesehatan, dan gizi;

d.  Pembinaanseni, sastra, dan budaya.

3.  Mengadakan evaluasi triwulan sebagai upaya mengawasi pelaksanaan program kerja SekbidV sampai Sekbid VIII OSIS.

4.  Ikut terjun langsung dalam pelaksanaan program kerja SekbidV sampai Sekbid VIII OSIS.

5.  Megajukan usul dan menilai calon kandidat Ketua OSIS di periode selanjutnya melalui sidang pemilihan ketua OSIS.

6.  Menilai laporan pertanggung jawaban OSIS selama satu periode bersama pihak yang berkompeten.


KOMISI II

 

PPSDM

1.  Pelatihan dan pengembangan untuk memastikan anggota MPK memiliki kompetensi dan kualitas yang baik dalam memimpin dan mewakili kelas.

2.  Peningkatan budaya dan kultur organisasi untuk meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan kualitas kerja anggota MPK.

3.  Pembentukan kepemimpinan dan pengembangan diri untuk meningkatkan kinerja anggota MPK dalam memimpin dan memecahkan masalah.

4.  Pengembangan sistem dan prosedur untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja MPK.

5.  Menjadi fasilitator dalam menghadapi isu-isu internal maupun eksternal pengurus MPK.

6.  Mengkoordinasi pengelolaan SDM secara berkelanjutan dan terprogram.

7.  Membina sumber daya manusia agar dapat berperan dalam pengaktualisasian dan fungsinya sebagai anggota MPK.

8.  Mengadakan seminar untuk meningkatkan pengetahuan anggota maupun pengurus MPK.


P2Ke

1.  Menegakkan kode etik mpk.

2.  Mengawasi anggota internal mpk.

3.  Memberikan pelatihan tentang leadership, komunikasi, dan negosiasi kepada anggota MPK.

4.  Mendukung anggota MPK dalam memahami dan menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai wakil kelas.

5.  Membantu anggota MPK dalam mempersiapkan dan menyampaikan laporan dan presentasi yang efektif.

6.  Memberikan konsultasi tentang bagaimana membuat dan menjalankan program-program yang bermanfaat bagi kelas.

7.  Mendukung anggota MPK dalam mengatasi masalah dan memecahkan konflik yang muncul dalam kelas.

8.  Membantu anggota MPK dalam membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan guru, siswa, dan orang tua.

 



KOMISI III

Aspirasi

1.  Sebagai sarana untuk menampung dan menyalurkan masukan atau saran warga sekolah.

2.  Memberikan fasilitas aspirasi baik secara manual dan digital (offline atau online).

3.  Membantu dan memotivasi siswa untuk menyampaikan aspirasi aspirasi siswa sehingga kritikan dan saran dapat di wujudkan.


Humas

1.  Bertugas berkomunikasi publik.

2.  Sebagai sarana penyampaian informasi.

3.  Untuk meningkatkan/mengembangkan teknologi dan informasi.